f

Jumat, September 20, 2013

Risoles Isi Sayur

  
Suatu ketika terlibat pembicaraan dengan adikku. Dia bilang, "Mbak, sekali-kali bikin jajanan yang asin donk! Sampean ki selalu bikin yang manis melulu."
Okelah kalo begitu, biar requestnya si brota bisa terpenuhi, akhirnya aku nyoba bikin risoles. Sebenarnya menurut resep yang ada risoles ini pake daging, but berhubung aku dan adek gag terlalu suka dagingnya diskip ajah.
Pertama bikin kulitnya, terlalu tebal dan diameternya terlalu kecil. Maklumlah, cuma pake teflon seadanya aja. Trus yang kedua, bikinnya pake telfon agak gedean dikit. Alhasil, lumayan lah.....
Yuk ngintip experimentku...
 
Risoles Isi Sayur
Souce: Mbak Hesti HH.
 

Bahan Kulit:
150 gr terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
1 sdm Susu Kental Manis
2 btr telur
325 ml air
1 sdm margarin cair
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
1 buah wortel, potong dadu kecil-kecil
1 buah kentang, potong dadu kecil-kecil
2 btg daun bawang
2 btg daun seledri
terigu sedikut sebagai pengikat

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1/2 sdt merica
garam secukupnya
gula secukupnya

Baluran:
1 butir telur
tepung panir orange secukupnya

Cara Membuat:
Isian: Tumis bumbu halus sampai wangi dengan sedikit minyak. Masukkan kentang dan wortel. Masak sampai agak lunak. Kalau perlu tambahkan sedikit air saja. Cicipi rasanya dan tambahkan bumbu lain sesuai selera. Sebelum mematikan api, tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata. Taburi sedikit terigu hingga tumisan terlihat agak menyatu (lengket). Hal ini agar isian tidak berhamburan saat diisikan. Aduk rata beberapa saat, matikan api, dinginkan.
Kulit: Campur semua bahan kering,  aduk rata, tambahkan telur, dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan whisk sampai didapatkan kekentalan yang sesuai. Saring. Tambahkan margarin leleh, Aduk sampai tercampur rata. Diamkan 15 menit. Buat dadar tipis-tipis sampai adonan habis.
 
Beri isi lalu gulung, lem dengan menggunakan sisa adonan kulit. Celupkan dalam telur  lalu gulingkan dalam panir hingga merata.Simpan dalam lemari es selama 30 menit agar panir menempel sempurna.
Penyelesaian: Siapkan minyak banyak di wajan. Panaskan dengan api sedang. Goreng risoles sampai garing dan kekuningan. Tiriskan diatas tissue makan. Sajikan dengan cabe rawit atau saus sambal.
1 resep ini jadi kurang lebih 15 buah. Kalo mau resep aslinya silahkan tengok di blog mbak Hesti ya... karna yang ini udah aku modifikasi, disesuaikan dengan seleraku.

0 comment:

 

Delicheous Cakery Template by Ipietoon Cute Blog Design